Minggu, 22 November 2009

BAHAGIA DENGAN LANGKAH SEDERHANA

BAHAGIA dengan LANGKAH SEDERHANA

Tak ada hidup yang sempurna dan tak ada hidup yang muidah. Tak ada orang yang tak pernah susah pada suatu saat dalam hidupnya. Kabar baiknya, para ahli kini menemukan langkah sederhana untuk mengubah perasaan menjadi lebih bahagia.

Caranya hanya dengan :

1. Keluarkan Unek-Unek

Sebagian orang memendam perasaan yang sebenarnya di dalam hati. Sebuah survey mengungkapkan, hanya 15% yang mengungkapkan perasaannya yang sebenarnya kepada teman dekat dan keluarga. Tapi sebagian besar orang merasa lebih bahagia jika bercerita apa adanya dan ternyata ini benar.

Menurut ahli psikologi Martha Davis, Ph.D., dalam buku How to Communicate: The Ultimate Guide to Improving Your Personal and Professional Relationships, menutupi perasaan yang sebenarnya membuat kita tegang, tidak nyaman, dan bahkan dapat membuat sakit.

2. Baca Buku atau Ngobrol dengan Teman

Sebagian besar orang mengira melakukan aktivitas yang tidak perlu berfikir bisa membuat bahagia. Nonton TV sambil duduk meringkuk di sofa misalnya. Tapi studi baru membuktikan lain.

Kita justru lebih bahagia dan bersemangat jika melakukan aktivitas yang perlu berfikir sedikit seperti baca buku, jalan-jalan, membuat kerajinan tangan, atau ngobrol dengan teman.

3. Ngemil makanan Garing

Makan makanan garing bisa membuat kita langsung lebih bahagia. Coba popcorn, apel, keripik, wortel, kacang-kacangan( Nut ), atau makanan garing lainnya.

Menurut Susan M. Kleiner, Ph.D.,R.D., dalam buku The Good Mood Diet, makanan garing menstimulir saraf trigeminal yang menghubungkan wajah dengan kepala. Lalu mensinyalkan otak untuk melepaskan zat kimia yang menimbulkan rasa senang.

4. Menyanyi

Mendendangkan lagu favorit dengan suara keras membuat kita santai atau tidak serius. Saat-saat sederhana yang penuh kebahagiaan ini kita kenang dan hargai seumur hidup.

Menurut Susan Newmann, Ph.D., dalam buku Little Things Long Rememberred, saat-saat penuh kebahagiaan ini membuat hidup kesehariaan kita menjadi lebih istimewa dan lebih bermakna.

5. Tanam Bunga

Sebuah studi baru dalam jurnal Neuroscience mengungkapkan, tanah mengandung banyak bakteri baik yang disebut Mycobacterium vaccae. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh lewat kulit.

Lalu membuat bahagia dengan memicu pelepasan hormon antidepressant otak: Serotonin. Pada kenyataannya bakteri ini bekerja seperti antidepressant tanpa menimbulkan efek negative.

6. Beri Hadiah atau Menyumbang

Para ahli menemukan, memberi kepada orang lain kendatipun sedikit, misalnya menyumbang untuk beramal atau memberikan pakaian bekas anak-anak ke panti asuhan, menguatkan efek zat kimia otak yang membangkitkan semangat : Dopamine.

Menurut ahli saraf di National Institutes of health, struktur otak yang diaktifkan ketika kita menerima hadiah menjadi lebih diaktifkan lagi ketika kita memberi.

7. Makan Kacang-kacangam ( Nut )

Saat stree dan sakit kepala, coba makan segenggam kecil kacang-kacangan. Menurut Kleiner, kacang kaya magnesium yang membantu mengurangi sakit kepala an stress. Sejumlah studi menunjukkan, orang-orang yang sedang stress menjadi lebih senang dan kurang lapar jika mereka makan kacang-kacangan sebelum makan (meal).

Anonim majalah aura


Tidak ada komentar:

Posting Komentar